Tips Keuangan yang Bisa Diterapkan untuk Para Remaja

05.52

Usia remaja merupakan usia tumbuh kembang, dimana pada usia ini mereka lebih dikenal sebagai orang yang konsumtif dan hanya dapat berbelanja dan menghabiskan uang yang ada. Untuk menghilangkan stigma negatif dalam diri remaja inilah, pengelolaan sistem keuangan haruslah ditata sebaik mungkin, agar nantinya uang saku yang dimiliki tidak hanya digunakan untuk membeli jajan, namun berbagai kebutuhan lain pun dapat terpenuhi dengan mudah, tanpa harus meminta kepada orang tua. Berikut ini bahasan mengenai tips keuangan rumah tangga bagi para remaja, yang mungkin dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengatur keuangan remaja.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatur sistem keuangan dalam dirimu adalah membuat sistem perencanaan keuangan dengan baik. Buatlah tabel kebutuhan sesuai dengan skala prioritas penting tidaknya kebutuhan tersebut. Susunlah daftar kebutuhan dari yang terpenting terlebih dahulu. Setelah daftar kebutuhan tersebut dibuat dengan baik, maka pastikan kamu mengetahui jumlah uang saku yang kamu peroleh dari orang tua setiap harinya, agar nantinya dapat menentukan berapa uang saku yang dapat kamu gunakan untuk jajan dan menabung sisanya untuk memenuhi daftar kebutuhan tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam menyusun rencana keuangan yang baik dalam dirimu, diantaranya adalah:

  • Pergunakanlah uang saku yang kamu peroleh dari orang tua sebagai uang konsumtif dengan nilai yang tidak melebihi 30%, kemudian gunakan sisanya sebagai uang tabungan.
  • Tips keuangan selanjutnya untuk kamu para remaja adalah maksimalkan sarapan pagi di rumah sebelum kamu berangkat ke sekolah, agar nantinya tidak hanya badan menjadi sehat namun jajan sembarangan pun dapat kamu hindarkan, sehingga nilai sisa uang jajan menjadi lebih banyak.
  • Kurangi membeli kebutuhan yang memang tidak terlalu penting dan utamakan kebutuhan sekolah sebagai prioritas dalam pembelanjaan sisa uang saku.


Jika dimungkinkan , kamu dapat menambah simpanan dengan cara melakukan pekerjaan sambilan kecil-kecilan, dengan catatan bahwa pekerjaan tersebut tidak mengganggu sistem belajar dalam dirimu. Manfaatkan keterampilan yang kamu miliki untuk membuat berbagai barang yang dapat kamu jual kembali kepada temanmu ataupun dijual secara online dengan memanfaatkan media sosial yang kamu miliki, untuk menjaring pembeli. Hindari memainkan game online terlalu lama yang dapat membuat kecanduan, karena hal tersebut tidak baik dan dapat menambah beban pembiayaan pembelian kuota.

Pastikan kamu menjalankan tips keuangan seperti tersebut di atas, dengan nilai komitmen yang tinggi, agar nantinya semua dapat berjalan dengan baik. Perencanaan keuangan yang kamu susun dan jalankan dengan benar, selain dapat memberikan kamu manfaat yang lebih dalam mengatur keuanganmu, juga akan memberikan kebiasaan yang baik dan dapat memberikan manfaat positif bagi masa depanmu. Atur keuanganmu dengan baik dan hilangkan stigma remaja hanya dapat berfoya-foya.

0 komentar