Review Buku Panduan Nikon DSLR D5200

Nikon D5200 adalah sebuah kamera DSLR entry-level yang pertama kali diperkenalkan pada Mei 2013. Ia ditugaskan untuk menggantikan Nikon D5100 yang sudah beredar terlebih dahulu. Nikon D5200 ditujukan bagi pemula yang ingin naik ke tingkat professional (advanced-beginner). Kamera ini memiliki resolusi sebesar 24 megapiksel dan dilengkapi dengan sensor CMOS APS-C berukuran 23,5 x 15,6 mm.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai produknya, Nikon juga merilis sebuah e-book khusus untuk Nikon D5200, judulnya adalah Nikon D5200 Experience – The Still Photography Guide to Operation and Image Creation. Buku panduan ini dibuat oleh Douglas Klostermann dan memiliki 195 halaman lengkap. Buku ini berisi tentang panduan untuk pengguna D5200 dalam mengoperasikan kamera tersebut, seperti pengertian fitur, kontrol kamera, dan panduan memotret yang benar dengan kamera ini.

Lebih jelasnya, buku ini menjelaskan bagaimana cara menerapkan mode Auto dan Program, memotret dalam mode Aperture-Priority (A), Shutter-Priority (S) dan Manual mode (M). selain itu, buku ini juga menjelaskan menu menu apa saja dalam kamera ini, cara mengatur Playback, Shooting, dan mengatur Movie Mode Menu dari Nikon D5200. 

Buku panduan ini juga sangat berguna bagi pemula yang baru mendalami ilmu Fotografi. Karena di buku ini dijelaskan juga fungsi kamera DSLR secara dasar dan konsep eksposur bagi mereka yang baru mengenal Fotografi DSLR, memanfaatkan sepenuhnya Sistem Fokus Otomatis yang berjumlah 39 Titik, memaksimalkan mode Auto Fokus-nya, dan mengatur Kustomisasi untuk fokus tajam pada subjek diam dan bergerak. Tidak hanya itu, buku ini menjelaskan pula fitur HDR dan Pemotretan secara Time-Lapse, serta bagaimana membuat video kualitas HD dengan baik.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, buku ini tidak hanya mencakup berbagai pengaturan, fungsi, dan kontrol kamera Nikon D5200, tetapi juga berisi panduan dasar dalam dunia Fotografi. Panduan dasar itu meliputi:

  • Setting Up Your D5200

Meliputi semua Pengaturan Kustomisasi DSLR Nikon D5200 dan Menu Pemutaran, Pemotretan, dan Pengaturan, termasuk Menu Mode Film disertai dengan penjelasan pengunaan kamera secara daily atau sehari hari.

  • Aperture Priority (A), Shutter Priority (S), and Manual (M) Guide 

Berisi tentang bagaimana cara mengatur pencahayaan pada kamera, menciptakan foto dengan menerapkan prinsip depth of field. Dan cara membuat foto menjadi lebih ekspresif.

  • Auto Focusing Modes and Area Modes and Release (Drive) Modes

Dengan memanfaatkan sepenuhnya 39 titik Sistem Fokus Otomatis, Anda akan berhasil menangkap gambar yang lebih tajam. Selain itu bagian ini juga menjelaskan tentang panduan mode Auto Fokus, mode area Auto Fokus, dan kustomisasi mode Auto Fokus dari kamera Nikon D5200. 

  • Exposure Metering Modes of the Nikon D5200

Bagian ini menjelaskan bagaiamana cara menggunakan Eksposur dengan baik dan benar sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Serta panduan menggunakan fitur exposure lock.

  • Histograms, Exposure Compensation, Bracketing, and White Balance

Bagian ini dimaksud untuk memahami dalam menggunakan fitur pada kamera untuk memanfaatkan eksposur yang tepat dalam situasi pencahayaan yang kurang mendukung. Serta panduan untuk men-setting white balance.

  • Proses Pengambilan Gambar

Berisi tentang panduan deskriptif untuk menggunakan pengaturan dan kontrol yang baru saja Anda pelajari untuk mengambil foto subjek diam dan subjek bergerak.

  • Komposisi

Kiat, teknik, dan penjelasan singkat, termasuk pemahaman secara mendalam mengenai depth of field.

Tinggalkan komentar