Apa yang Dengan Dimaksud Militan? Ini Penjelasannya!

13.28


Beberapa sering Anda mendengar kata militan? Apakah Anda benar-benar memahami istilah tersebut. Dari pada menerka-nerka, ada baiknya untuk memahami kata tersebut, sehingga tidak ada kesalahpahaman arti. Berikut penjelasannya untuk Anda!

Pengertian Militan

Jika menilik pengertian militan dalam KBBI, diartikan sebagai suatu tindakan dengan semangat tinggi. Sinonim lainnya tindakan penuh gairah serta haluan yang keras. Adapun beberapa ahli menyatakan bahwa militan  merupakan semangat tinggi yang hendaknya dimiliki para pejuang yang penuh pengabdian. 

Untuk Anda yang memiliki karakter militan  tidaka akan mengenal kata menyerah. Senantiasa semangat meskipun banyak hambatan yang harus dihadapi. Hal ini umumnya disertai dengan ras suak atau pun cinta terhadap suatu hal. Selain itu, berbekal prinsip tertentu yang membuat Anda yakin melakukannya. Misalnya, seorang prajurit yang rela bertaruh nyawa untuk bisa membela prinsip yang diyakininya.

Tidak hanya itu, militan dikenal juga dengan sikap agresif seseorang terhadap sesuatu. Senantiasa tegas dan pantang menyerah guna mencapai cita-cita yang hendak diraih. Hal ini didasari dengan sikap tekun, tegas, teguh, berprinsip dan semangat tinggi dalam mewujudkannya. 

Pentingkah Membangun Karakter Militan?

Dengan memahami pengertian militan di atas, jadi pentingkah membangun karakter militan dalam diri? Mengingat penjelasan di atas, dalam beberapa situasi dan kondisi, karakter militan sangat diperlukan.

Anda hendaknya bisa membedakan antara terorisme dan militan yang keduanya kerap diartikan secara tumpang-tindih. Pada dasarnya, kedua istilah tersebut jelas berbeda. Militan memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Sekelompok orang yang bisa menerapkan metode konfrontatof guna mewujudkan tujuan sosial dan politik
  2. Menggunakan agresi guna mewujudkan apa yang mereka perjuangkan berhasil.
  3. Memperjuangkan secara tegas terhadap hal-hal yang diyakini benar.
  4. Semangat memperjuangkan keadilan.
  5. Melawan pemerintah yang bersikap menindas, baik dari jajaran tentara atau pun lembaga tertentu.
  6. Contoh militan yakni seperti para pejuang Gerilya.

Hingga kini fenomena yang berkaitan dengan karakter militan tentunya banyak ditemukan. Namun, yang dirasakan saat ini, masih minimnya karakter yang toleran-militan, sehingga terjadinya ketidaksenambungan di antara keduanya.

Dibutuhkan strategi yang tepat guna membnagun karakter toleran-mitan melalui pendidikan yang inspiratif. Langkah ini diharapkan mampu mencetus inspirator yang mampu membangun dunia baru dengan kehidupan yang mengedepankan kebersamaan. Senantiasa berkompetensi secara sehat, saling membangun dan mendukung. Strategi ini diterapkan dengan cara demokratis dan pembelajaran secara reflektif. 

Nah, itulah sedikitnya ulasan terkait militan. Informasi terkait bisa Anda simak di laman ctrs.id. Semoga informasi di atas bisa meningkatkan pengetahuan serta wawasan Anda. Selanjutnya, Anda bisa memahami istilah tersebut tanpa adanya kesalahpahaman arti yang bisa berpengaruh pada cara berpikir Anda. 

0 komentar